Minggu, 22 Mei 2011

Pengertian Upstream dan Downstream

Upstream adalah kecepatan data dari router ADSL ke ISP. Sementara, downstream adalah kecepatan data dari ISP ke router ADSL.

Umumnya kecepatan yang digunakan di Indonesia adalah 384Kbps atau 512Kbps untuk downstream dari ISP ke router ADSL pelanggan. Sementara dari upstream dari router ADSL pelanggan ke ISP umumnya 64Kbps.


Perlu di sadari bahwa kecepatan dari Internet ke ISP belum tentu sama dengan kecepatan downstream dari router ADSL. Kadang kala, kecepatan kita dapat lebih rendah karena saluran dari Internet ke ISP di share / digunakan bersama oleh banyak pengguna Internet lainnya.

Di samping itu, mekanisme modulasi pada ADSL akan menghilangkan beberapa kanal modulasinya jika ada gangguan di kabel yang digunakan. Konsekuensinya kecepatan akan turun secara automatis jika terjadi gangguan di kabel.

Pengalaman saya, akses Internet terutama untuk download akan cepat jika kita menggunakannya sekitar pukul 4-6 pagi atau hari minggu. Pada hari-hari biasa, untuk e-mail, Yahoo Messanger dan chatting umumnya tidak terlalu masalah.

1 komentar:

tai burung mengatakan...

Makasih kak infonya (y)

No Spam, No Junk, No Sara
Berkomentarlah yang baik dan gunakan bahasa yang benar. Jika ingin menggunakan emoticon di bawah ini tinggal masukkan kode sampingnya.
Ok Gan...!

Bravo Blogger Indonesia

:a: :b: :c: :d: :e: :f:
:g: :h: :i: :j: :k: :l:
:m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x:

Posting Komentar

Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources
Site Meter